Senin, 12 Oktober 2015

Quran menyatakan negeri-negeri yang diwariskan ke Bani Israel

Perselisihan antara bangsa Israel dan bangsa Arab maupun bangsa Palestina yang telah mendiami daerah yang dinamakan Palestina , suatu daerah yang penamaannya setelah Al Kitab( Taurat-Injil-Quran) muncul sehingga tidak disebut di Al Kitab, sebenarnya bisa diselesaikan dengan dasar rujukan kitab suci masing -masing agama.
Al quran dalam Al Araf ayat 137 sebenarnya malah menyebut bahwa daerah yang dulunya dikuasai Firaun sebenarnya adalah warian untuk bangsa Israel.  Lihat ayat berikut :



in English :
"And We caused the people who had been oppressed to inherit the eastern regions of the land and the western ones, which We had blessed. And the good word of your Lord was fulfilled for the Children of Israel because of what they had patiently endured. And We destroyed [all] that Pharaoh and his people were producing and what they had been building."

sedangkan jika ditinjau dari tafsir Ibnu Katsir, suatu Tafsir yang menjadi rujukan para  pegiat Islam , yang dibuat oleh Ibnu Katsir yang hidup tahun 1300 - 1372, pada jaman dinasti Umaiyah di damaskus., menyebut ayat 137 Al Araf sebagai berikut : 





Disinilah jelas bahwa negeri - negeri yang Syam , Mesir dan sekitarnya , malah diwariskan oleh Alloh SWT kepada Bani Israel disebabkan kesabaran mereka. 
Memang dipihak lain ada sebagaian orang bani Israel yang tidak taat agamanya seperti melanggar hukum, sehingga mendapat hukuman menjadi seperti kera , atau ada juga orang Bani Israel yang membunuh nabi-nabi mereka.Tetapi itu tidak semua orang Bani Israel. 

Maka perselihan antara bani Israel dan warga Palestina saat ini juga bisa merujuk pada kitab suci Quran . Warga Israel punya hak atas dasar kitab suci , dan warga Palestina  sekarang punya hak karena saat ini  mereka mendiami lebih dulu. Kekerasan kekerasan yang muncul bisa diartikan  karena ketakutan kedua belah pihak . Karena takut,  maka mereka saling menyerang di daerah yang dianggap  lawan sekalipun. 



وَأَوْرَثْنَا الْقَوْمَ الَّذِينَ كَانُوا يُسْتَضْعَفُونَ مَشَارِقَ الأرْضِ وَمَغَارِبَهَا الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا وَتَمَّتْ كَلِمَةُ رَبِّكَ الْحُسْنَى عَلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ بِمَا صَبَرُوا وَدَمَّرْنَا مَا كَانَ يَصْنَعُ فِرْعَوْنُ وَقَوْمُهُ وَمَا كَانُوا يَعْرِشُونَ - See more at: http://www.tafsir.web.id/2013/02/tafsir-al-araaf-ayat-130-143.html#sthash.BSq4WVsO.dpuf